Minggu, 06 Januari 2013

KEHIDUPAN CINTA SAHABAT



Kita semua sering mendengar kata sahabat dan pasti kita memiliki sahabat, tapi tahukah kita sahbat itu apa?
Apa arti SahabatApa sih arti dari sebuah persahabatan?? Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau kemana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat saya bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas dimana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.Terkadang saya dengan enteng menyebut, dia itu sahabat saya. Tapi ketika ditanya ini itu tentang sahabat saya yang berhubungan dengan keluarga, pendidikan dan lain-lain, saya bingung jawabnya. Dari situ saya mikir, apa saya ini sahabat yang baik? Apa saya pantas disebut sahabat? Karena saya menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu saya memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy ke sahabat-sahabat saya. Saya lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabat saya. Bukannya saya orang yang nggak peduli dan nggak mau tau, tapi menurut saya persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tau tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut. Saya sudah ngerasain pahitnya persahabatan ketika saya bilang dia sahabat saya, ternyata dia hanya memanfaatkan apa yang saya punya dan lain-lain. Ketika saya sedang jatuh, dia malah meninggalkan karena merasa ga ada yang bisa diberikan oleh saya.
Cuma segitu arti persahabatan ??
Suatu hari saya menyatakan A adalah sahabat saya. Ketika A ditanyakan, siapa sahabat kamu, A menjawab B, C, D, namun tidak menyebutkan nama saya. Dari sini saya mencoba memikir ulang. Apakah saya bukan termasuk sahabatnya? Apa saya bukan sahabat yang baik? Hal ini sering terbesit dalam pikiran saya Teman saya banyak. Saya pergi dengan teman-teman yang berbeda. Namun apakah mereka adalah sahabat saya? Karena terkadang teman untuk hang out berbeda dengan sahabat.
Banyak memang lirik lagu dengan nada-nada cinta. Namun entah mengapa yang ada dalam fikiran saya saat ini adalah lirik lagu Arti Kehidupan dari Doel Sumbang tersebut. Lirik lagu tersebut hadir begitu saja dalam benak saya. Sama halnya ketika cinta hadir mengisi hati! Siapa yang bisa mengatur dan menduga manakala cinta merekah dalam hati?
Tulisan ini mengingatkan saya akan perjalanan cinta sahabat saya. Perjalanan cinta yang tidak mudah dan penuh dengan air mata. Sebagai sahabat yang sudah lama mengisi hari-harinya, sudah hampir lebih dari 13 tahun lamanya, sudah barang tentu saya sangat memahami apa yang ia rasakan, apa yang ia inginkan, dan apa yang tidak ia harapkan.
Ketika cinta yang ia inginkan hadir mengisi relung hatinya dalam kedamaian, ia bahagia sekali. Saya sangat terharu setelah sekian lama ia hidup dalam air mata derita. Kebahagiaanya adalah bagian dari kebahagiaan saya. Air matanya menjadi luka bagi saya dan pikiran menjadi tak menentu untuk menemukan dan ‘menampar’ dirinya agar ia tidak terus terpuruk dalam kubangan derita yang tak tahu kapan akan berakhir.
Hidup ini penuh misteri yang tak bisa kita duga!
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cinta adalah merupakan wakil dari perasaan kasih, sayang, atau rindu yang sangat dalam. Namun dalam konteks atau kadar kalimat tertentu, ia bisa juga mewakili perasaan sedih. Cinta adalah salah satu sumber kekuatan unik dalam diri manusia. Ia menjadi tenaga penggerak hati dan jiwa yang akan menghasilkan sikap, perbuatan dan perilaku.
“Cinta adalah kekuatan yg mampu; mengubah duri jadi mawar; mengubah cuka jadi anggur; mengubah sedih jadi riang; mengubah amarah jadi ramah; mengubah musibah jadi muhibah.”
Begitu pula sebaliknya, cinta bisa saja dan sangat mungkin sekali merubah mawar menjadi duri, merubah anggur menjadi cuka, merubah riang menjadi sedih, merubah ramah menjadi amarah, dan merubah muhibah menjadi musibah.
Mengapa semua itu bisa terjadi dalam diri manusia?
Sabda Rasulullah SAW,”hati itu bersifat gampang terbolak-balik bagaikan bulu yang terombang-ambing oleh angin yang berputar-putar. Sebagaimana amal-amal dan perilaku kita yang senantiasa bersumber dari niat dan motivasi di dalam hati, maka cinta pun bisa mewujud dengan dasar niat yang beraneka rupa. Ada cinta yang tulus, penuh kerelaan. Namun ada pula cinta yang penuh duri dan racun. Ada cinta yang merupakan buah keimanan dan ketaqwaan. Namun ada pula cinta yang berlandaskan nafsu hina.”
Kata Motivasi Islami tentang Kehidupan Cinta Sahabat
Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setetes embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus, tumbuhlah oleh karena embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji. HAMKA
Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat. HAMKA
Tanda cinta kepada Allah adalah banyak mengingat [menyebut] Nya, karena tidaklah engkau menyukai sesuatu kecuali engkau akan banyak mengingatnya. Ar Rabi’ bin Anas [Jami’ al ulum wal Hikam, Ibnu Rajab]
Sesungguhnya apabila badan sakit maka makan dan minum sulit untuk tertelan, istirahat dan tidur juga tidak nyaman. Demikian pula hati apabila telah terbelenggu dengan cinta dunia maka nasehat susah untuk memasukinya.Malik bin Dinar [Hilyatul Auliyaa’]
**Sahabatku sayang…, semoga cinta yang hadir saat ini adalah sungguh cinta yang benar engkau harapkan. Ku tak tahu ungkapan kata maaf paling indah yang seperti apa yang pantas aku ungkapkan sebab sungguh engkau memahami akan hadirnya aku menjadi bagian dalam kehidupanmu. Yang selalu aku ingat adalah, Allah SWT tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatNya. Sebab setiap manusia memiliki batas kesabaran. Berbahagialah bersama cinta yang baru

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More